1.600 Personel Kemananan Disiagakan Saat GMT di Belitung

1.600 Personel Kemananan Disiagakan Saat GMT di Belitung

465
BAGIKAN :
Ilustrasi GMT. (net)

BELITUNG, KORANKITE.COM — Aparat keamanan menyiagakan 1.600 personel untuk mengamankan event Gerhana Matahari Total (GMT) di Belitung yang akan mencapai puncak, Rabu (9/3/2016).

Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara menjelaskan, sempat ada informasi Presiden Joko Widodo bakal mendatangi Belitung. Namun hingga saat ini, kata dia, informasi tersebut belum bisa dipastikan.

“Kami sudah mendapat informasi soal kedatangan presiden sebulan lalu. Sejak itu, saya dan Dandim sudah intens membahas pengamanan,” terang Chandra, dikutip dari detikcom, Selasa (8/3/2016).

“Bila RI 1 datang kami sudah siap. Kalau tidak jadi pun kami tetap siap.”

Personel yang disiagakan berasal dari Polres Belitung, Kodim, dan Lanud. Pramuka di Belitung juga dikerahkan.

Baca Juga:  Gubernur Janji Akan Perbaiki Pola Penambangan Rakyat

Terkait pengamanan acara GMT, Kapolres memastikan sudah bersiaga di sejumlah titik. Salah satu spot utama adalah Tanjung Kelayang, “Di sana, diprediksi bakal ada ratusan warga asing dan turis domestik,” lanjutnya.

Selain di darat, pengamanan juga disiapkan untuk mereka yang ingin menikmati gerhana di laut. Sudah disiapkan dua kapal dari TNI AL untuk membantu pengamanan.

Chandra mencatat saat ini ada 100 warga asing di Belitung. Turis domestik sekitar 1.500-2.000 orang, “(Hotel) penuh di mana-mana. Prediksinya nanti gerhana ada 5.000 orang,” terangnya. (mad/okt/dtk)

KOMENTAR