Babar Terima Penghargaan Kabupaten Sehat

Babar Terima Penghargaan Kabupaten Sehat

355
BAGIKAN :
Wakil Bupati (Pakaian Batik), Markus saat memegang tropi dan piagam. (SBH)

Korankite.com,Muntok- Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kemendagri tahun ini di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017), mengumumkan kabupaten yang mendapatkan predikat kabupaten kota sehat.

Kabupaten Bangka Barat terpilih di antara kabupaten di Indonesia yang mendapatkan Penganugerahan Swasti Saba Wistara, sebuah penghargaan tertinggi dalam kategori kabupaten sehat ini. Prestasi yang luar biasa ini tentu disambut gembira oleh masyarakat khususnya yang tergabung dalam Forum Sejiran Setason Sehat. Perlu diketahui bahwa Bangka Barat sudah tiga kali berturut turut mendapatkan penghargaan dan penganugerahan Kabupaten Kota Sehat, mulai dari Swasti Saba Padapa tahun 2013, Swasti Saba Wiwerda tahun 2015 dan Swasti Saba Wistara tahun 2017.

Penganugerahan yang ketiga berupa Swasti Saba Wistara kali ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH. Usai menerima penghargaan kepada wartawan ia mengaku bangga dan merasa senang. “Tentunya kita merasa senang, artinya masyarakat Bangka Barat, terjaga dalam permasalahan kesehatan. Melalui penghargaan ini kita berharap Kabupaten Bangka Barat bisa mempertahankan dan menjaga untuk hidup bersih dan sehat selalu.”harap Markus

Sekedar diketahui tahun ini Kemenkes mengumumkan, penganugerahan dan penghargaan kepada 19 kabupaten kategori Swasti Saba Padapa, 41 kabupaten kota sehat menerima kategori Swasti Saba Wiwerda, untuk Wistara sebanyak 62 kabupaten/kota sehat.

Baca Juga:  Wagub Babel Bersama Forum DAS Ngupi dan Bekisah Masalah Lingkungan

Masih ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Ahmad Nursandi, menambahkan, ini adalah hasil yang luar biasa, merupakan bukti kongrit komitmen pimpinan daerah dalam pembangunan, khususnya dibidang kesehatan dan lingkungan. Karena untuk mendapatkan predikat kabupaten kota sehat, Swasti Saba Wistara yang merupakan tingkatan tertinggi dan perlu waktu bertahun tahun, sejak 2013 sampai sekarang,”ujar Sandi. Dikatakannya lagi, dan ini juga merupakan, hasil kerjasama yang baik lintas sektor di kabupaten Bangka Barat. Khususnya dibidang pemberdayaan masyarakat. “semoga kedepan bisa kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi.Selain itu tidak terlepas dari dukungan seluruh anggota Forum Sejiran Setason Sehat Kabupaten Bangka Barat”. pungkas Sandi.

Ketua Forum Sejiran Setason Sehat (FS3) Kabupaten Bangka Barat, Rudy, ST mengatakan, penganugerahan ini merupakan prestasi dan kebanggaan, khususnya untuk masyarakat Bangka Barat dalam keterlibatannya mewujudkan cita cita kabupaten sehat. Tentu penghargaan ini menjadi pemicu atau penyemangat untuk terus berbuat lebih baik lagi.

” Penghargaan ini merupakan bukti terwujudnya koordinasi dengan lintas sektoral, pemberdayaan masyarakat serta dukungan kebijakan dari pemerintah daerah, dalam mendukung atau melaksanakan program kabupaten kota sehat,”ujar Rudy.

Ketua Forum ini berharap, kedepan tatanan kegiatan yang telah berhasil di raih akan lebih ditingkatkan menjadi sembilan tatanan. (SBH)

KOMENTAR