Babel Segera Miliki Bank Daerah

Babel Segera Miliki Bank Daerah

408
BAGIKAN :
Gubernur Babel, Rustam Effendi (foto: dok)

Korankite.com, Pangkalpinang — Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Bangka Belitung (Babel), Gubernur Rustam Effendi berencana akan mendirikan Bank Bangka Belitung.

“Kita akan membuat Bank Babel, tidak lagi bergabung dengan Bumatera Selatan (Bank Sumsel Babel-red),” kata Gubernur usai menghadiri sidang paripurna DPRD Babel, Kamis (6/10/2016).

Dijelaskan Rustam, jika Babel ingin membentuk bank sendiri dari awal, pemerintah harus menyetor uang jaminan Rp 6 milyar ke Bank Indonesia. Sedangkan dengan cara akusisi, Babel harus memberikan uang jaminan ke BI sebesar Rp1,5 triliun.

“Yang paling memungkinkan kita akan merubah bank kita yang sudah ada yaitu Bank Syariah Babel menjadi Bank umum dengan jaminan Rp500 juta hingga Rp600 juta,” ungkap Rustam.

Baca Juga:  Gubernur dan KONI Bahas Persiapan PON dan Porwil

Hal ini bisa saja terjadi jika pemerintah daerah kabupaten kota sepakat. Saat ini penyertaan modal pemerintah di Bank Sumsel Babel mencapai Rp 5 milyar, belum lagi kabupaten/kota hampir Rp3milyar.

“Sekarang saja untuk pemerintah provinsi sudah berinvestasi melalui penyertaan modal pemerintah di bank Sumsel Babel hampir Rp45 milyar,” tegas Rustam.

Gubernur yakin pada tahun 2018 nanti Bank Bangka Belitung sudah berdiri dan masyarakat akan bangga dengan adanya bank pemerintah daerah khusus Babel, “Paling lama 2018 bank daerah Bangka Belitung sudah berdiri,” tutupnya. (4wd)

KOMENTAR