Di Pangkalpinang, Begitu Lahir Anak Langsung Dapat KIA

Di Pangkalpinang, Begitu Lahir Anak Langsung Dapat KIA

598
BAGIKAN :
Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Armada (net)

KORANKITE.COM, PANGKALPINANG –Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang akan langsung mengeluarkan Kartu Indetintas Anak (KIA) begitu akan lahir kedunia. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk bukti nyata dari visi dan misi Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah.

Irwansyah ingin menjadikan Kota Pangkalpinang sebagai kota yang memiliki kelengkapan dokumen kependudukan, tidak hanya dokumen kependudukan orang dewasa saja, tapi hingga ke anak baru lahir pun sudah memiliki indentitas. Hal itu juga sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 2 Tahun 2016.

“Pemerintah berkewajiban untuk memberikan indentitas kependudukan kepada seluruh penduduk yang berlaku secara nasional sebagai uapaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pangkalpinang, Armada, Selasa (1/3/2016).

Menurutnya, pemberian indentitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

“Kartu Indentitas Anak (KIA) adalah indentitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dukcapil Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Baca Juga:  4 Ormas Nilai Pernyataan Sikap GP Ansor Babel Timbulkan Perpecahan

Dia menjelaskan, penerbitan KIA baru bagi anak kurang dari 5 tahun bersamaan dengan penerbitan kutipan akta kelahiran, dengan batas masa berlaku sampai anak tersebut berusia maksimal 5 tahun, sedangkan untuk masa berlaku KIA untuk anak diatas 5 tahun adalah sampai anak berusia 17 tahun kurang satu hari.

“Kami juga telah melakukan sistem jemput bola disekolah-sekolah, rumah sakit dan tempat yang lainnya agar cakupan kepemilikan KIA dapat lebih maksimal, pada tahun 2014 kita telah mencetak KIA sebanyak 4.040 dan 2015 sebanyak 5.230 dan pada tahun 2016 sampai dengan bulan Februari ini telah mengeluarkan sebanyak 520 dengan total yang telah dicetak oleh kami sebanyak 9790 lembar,” tegasnya. (dag)

KOMENTAR