DPP PBB Kirim Tim Advokasi Ke Babel Terkait Penggelembungan Suara di C1

DPP PBB Kirim Tim Advokasi Ke Babel Terkait Penggelembungan Suara di C1

192
BAGIKAN :

Korankite.com, Pangkalpinang – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Syaifullah mendapati beberapa kecurangan dalam perhitungan suara di TPS. Dugaan dilakukan manipulasi hasil perolehan suara di formulir C1 dengan penambahan jumlah perolehan suara rata rata 10 suara disetiap TPS, sehingga hasil pemungutan suara rekapitulasi partai politik berubah, dari perhitungan surat suara.

“PBB sedang mempersiapkan langkah hukum terkait dugaan kecurangan tersebut. Malam ini kita akan menggelar rapat, salah satunya membahas hal tersebut dan kita juga sudah konsultasi ke DPP terkait langkah yang akan diambil,” ungkap Syaiful ketika ditemui di sekretariat PBB Babel

“Kami akan menyinkronkan data kami dengan partai lain dan data tim kami, jika ditemukan pelanggaran maka kami akan mengajukan gugatan pidana,” tukasnya

Baca Juga:  Pelaku Pembunuhan Anak Kandung Divonis Seumur Hidup

Tidak hanya itu partai PBB melalui Ketua Umum sudah menyiapkan tim advokasi untuk memperlajari kecurangan dugaan penggelembungan suara yang terjadi di TPS melalui C1.

“Hal seperti ini mungkin terjadi bukan baru sekarang, jadi harus ada sanksi berat bagi pelaku kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu, sesuai dengan pasal 505, 506, 535, 551 jo 554 UU No 7/2017,” katanya.

Tidak hanya itu PBB juga meminta penyelenggara pemilu untuk menghentikan perhitungan suara di seluruh kecamatan yang belum melakukan perhitungan.

“Ini untuk menjaga asas keadilan, sehingga hal seperti ini tidak lagi terjadi,” tutupnya. (red)

KOMENTAR