Duta Wisata Penting Dalam Promosi Wisata

Duta Wisata Penting Dalam Promosi Wisata

496
BAGIKAN :

Duta Wisata merupakan aset yang sangat bernilai untuk kemajuan pariwisata Bangka Belitung

Korankite.com, Sungailiat, Bangka – Potensi pariwisata luar biasa yang dimiliki Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi daya tarik tersendiri untuk mengembangkannya, terlebih pada kemasan, penyajian, dan promosi.

Hal itu diungkapkan Plt Gubernur Dr Yuswandi A. Temenggung ketika membuka secara resmi acara Gand Final Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2016 yang diselenggarakan di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat Bangka, Kamis (10/11/2016)

Keberhasilan promosi pariwisata daerah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menurutnya, membutuhkan sentuhan publikasi secara personal. Ini bisa dilakukan oleh para duta wisata, sehingga keberadaan mereka dinilai penting dan dapat bersinergi dengan seluruh komponen.

“Duta Wisata merupakan aset yang sangat bernilai untuk kemajuan pariwisata Bangka Belitung,” ujarnya.

Untuk itu Yuswandi meminta kepada para finalis duta wisata agar terlibat secara aktif mempromosikan pariwisata Babel dalam event-event yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mengakhiri sambutannya Plt Gubernur Yuswandi meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendengarkan, mencatat, mengemas dan mengkoreksi masukan para duta wisata dalam rangka memajukan pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Mereka ini para finalis harus dibina dan diberdayakan terus jangan dijadikan kegiatan serimonial setiap tahunnya, karena para duta wisata ini sudah ada asosiasinya di Indonesia sebagai wadah organisasi duta-duta wisata, “ pintanya.

Sementara itu Firmansyah selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya mengungkapkan tujuan diadakannya acara ini untuk menciptakan sumber daya manusia pariwisata yang profesional dan berkualitas untuk mendukung industri pariwisata serta mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Bangka Belitung ke kancah nasional dan internasional.

Baca Juga:  Lulusan NFS Harus Mampu Menjawab Tantangan

Dilain kesempatan, Yan Mitha selaku ketua dewan juri mengharapkan kegiatan ini jangan hanya jadi ajang unjuk kecantikan tapi para finalis juga diberikan tanggungjawab untuk mempromosikan Bangka Belitung dan Indonesia.

Sebanyak 28 orang finalis yang berasal dari kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan diseleksi untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Pemilihan Duta Wisata Indonesia di Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2016 mendatang.

Setelah melalui proses penjurian, terpilih Bujang dan Dayang sebagai Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2016 berhasil diraih pasangan Rahmat Hidayat dari Kabupaten Bangka Barat dan Ulfa dari Kabupaten Bangka sedangkan Runer Up diraih pasangan Arif Agitian dari Kabupaten Bangka Tengah dan Anis Solina dari Kota Pangkalpinang, dikesempatan tersebut Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr Yuswandi A. Temenggung berkesempatan mengalungkan selempang Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Acar pemilihan duta wisata malam itu dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Lenggang Bujang Dara dari Sanggar Gonk Production yang menarik perhatian Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Babel, dan undangan penting lainnya. (supri/prov babel)

KOMENTAR