Gubernur Babel Siap Tindak Lanjuti Rekomendasi DPRD

Gubernur Babel Siap Tindak Lanjuti Rekomendasi DPRD

37
BAGIKAN :

Korankite.com, Pangkalpinang — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, merespon rekomendasi yang disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Tahun Anggaran 2018.

Dikatakan Gubernur, pihaknya akan membangun komitmen yang utuh, mengkaji seluruh Catatan Strategis dan segera menindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan kebijakan peningkatan kinerja program dan kegiatan Pemerintah Daerah di Tahun berjalan maupun tahun berikutnya.

Hal itu disampaikan Gubernur Erzaldi saat menerima Rekomendasi DPRD terhadap LKPj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2018, dalam Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Jum’at (29/3/2019) pagi, yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Hendra Apollo.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, dirinya atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur menyanpaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh Anggota DPRD Babel yang telah berkenan mengkaji dan membahas LPKj, yang disampaikannya beberapa waktu lalu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov), kata Gubernur, akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi berbagai kendala, khususnya yabg bersifat internal.

Ia meyakini tanggapan atau rekomendasi DPRD merupakan tanggung jawab dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dan saran konstruktif dalam konteks penyempurnaan dan perbaikan guna keberhasilan penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan serta peningkatan pelayanan masyarakat.

Gubernur juga menyampaikan, saat ini, Penyusunan Anggaran tahun 2020 telah rampung, dan akan segera disampaikan kepada DPRD Babel.

Untuk itu, Erzaldi berharap, dalam penyusunan anggaran ini, dapat sekali lagi mengulangi waktu penyusunan APBD tahun 2019, dimana Babel menjadi Provinsi pertama yang mengajukan Revisi APBD ke Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga:  Rabu Jamaah Haji Babel Merapat Ke Arafah

“Semoga kita masih menjadi yang pertama untuk pengesahan atau koreksi APBD ke Kementerian Dalam Negeri,” harapnya.

Kerjasama dari Eksekutif dan Legeselatif ini, diharapkan lagi oleh Erzaldi, agar tetap terjalin, sehingga apa yang diharapkan dapat diwujudkan secara bersama-sama.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Babel, Hendra Apollo, saat memimpin sidang mengatakan, pada tanggal 8 Maret 2019 lalu, Gubernur Babel dalam Rapat Paripurna telah menyampaikan LKPj Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Akhir Tahun Anggaran 2018, yang merupakan tanggung jawab Kepala Daerah sebagaimana diatur dalam Undang – Undang nomor 3 tahun 2007.

Selanjutnya, kata Hendra, melalui pembahasan Komisi yang ada di DPRD bersama dengan Perangkat Daerah yang menjadi mitra kerja, DPRD telah memeriksa dan mengkaji LKPj tersebut serta merangkum berbagai hal yang menjadi poin penting sebagai evaluasi pelaksanaan anggaran dan pembangunan oleh Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018, yang ditetapkan dalam Surat Keputusan DPRD Babel.

Oleh sebab itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD dan Gubernur beserta jajaran yang telah terlibat aktif dalam pembahasan LKPj ini.

Selanjutnya, Rekomendasi yang pihaknya sampaikan ini, hendaknya dapat ditindaklanjuti oleh Gubernur beserta jajaran sebagaimana mestinya, sehingga perbaikan penyelenggaraan Pemprov Babel terus menerus dilakukan untuk pelaksanaan pembangunan kedepan yang lebih baik.

Ikut Hadir dalam Rapat Paripurna ini, Wakil Ketua DPRD Babel, Toni Purnama, Anggota DPRD Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda, Sekda Babel, Yan Megawandi, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Babel, Pimpinan Instansi Vertikal, dan unsur terkait lainnya. (*)

KOMENTAR