Kejari Babar Musnahkan 33 Barang Bukti

Kejari Babar Musnahkan 33 Barang Bukti

99
BAGIKAN :

Korabkite.com, Muntok – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat memusnahkan 33 barang bukti kasus yang telah berkekuatan hukum tetap (incracht), giat tersebut berlangsung di halaman belakang kantor Kejari Babar. Kamis (31/1) pagi.

Pantauan dilapangan terlihat barang bukti yang dimusnahkan diantaranya berupa, miras jeni arak, senjata tajam, alat perjudian kodok-kodok, narkotika jenis sabu, hendpone dan barang bukti lainnya dengan cara dibakar, dipotong juga di hancurkan.

Kapala Kejaksaan Negeri Babar Neva Sari mengatakan, mereka akan melakukan pemusnahan sebanyak 10 kali dalam satu tahun dan hari ini mereka melakukan yang pertama di awal tahun 2019.

Rinciannya dari 33 Kasus tersebut terdiri dari 22 perkara Tindak Pidana Umum (Tipidum), lima perkara orang, harta benda, enam perkara keamanan dan ketertiban umum. “Ini yang pertama di 2019 in, ini perkara-perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap. Ini rutin kami lakukan. Dalam satu tahun, ada 10 kali pemusnahan, nanti diatur waktunya sampai Desember akhir,” kata Neva seusai proses pemusnahan.

Baca Juga:  Pemkab Babar Usulkan Enam Raperda Ke DPRD

Dia mengatakan, perkara incracht yang banyak ditangani Kejari Babar berdasarkan pemusnahan pertama pada 2019 ini adalah perkara terkait narkotika dan perjudian. Saat ini, kata Neva, sejumlah perkara lainnya masih terus ditangani Kajari Babar, termasuk barang bukti yang tengah dalam proses.

“Yang utama, narkotika itu masih paling tertinggi. Setelah itu 303, terkait perjudian ya. Itu untuk bulan ini ya, itu sampai 22 perkara, rata-rata narkotika,” ujarnya.

Disamping itu Wakil Bupati Babar Markus yang juga hadir pada acara pemusnahan tersebut mengapresiasi upaya Kejari Babar dalam penegakkan hukum di Babar.

“Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para penegak hukum, mulai dari Polres dan Kejari yang sudah melakukan penegakkan hukum di Babar,” katanya pada sambutan.

Selain Kajari Babar dan para Kasi Kejari, pemusnahan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bangka Barat, Dandim Babar, Ketua PN Muntok, Kapolres, kepala Unmet Muntok, Kasat narkoba, Kasat Reskrim, dan Sekdin Dinkes. (SBH)

KOMENTAR