Mahalnya Tiket di Liga Inggris

Mahalnya Tiket di Liga Inggris

629
BAGIKAN :
Liga Inggris

Korankite.com, Harga tiket di Liga Inggris menjadi perbincangan menyusul aksi protes pendukung Liverpool. Sebenarnya, seberapa mahal untuk menyaksikan satu laga di Liga Inggris?

Mengenai tiket di Liga Inggris, BBC sempat melakukan sebuah studi. Dari 20 klub Premier League, 19 klub turut berpartisipasi dalam penelitian itu. Cuma Swansea City saja yang tidak ambil bagian.

Rata-rata tiket terendah untuk menyaksikan Liga Inggris musim ini sebesar 30,68 poundsterling alias Rp 598 ribu. Angka itu naik dari tahun lalu yang sebesar 28,80 poundsterling atau setara Rp 561 ribu.

Leicester City menjadi penjual tiket paling murah untuk satu pertandingan. Mereka menjual tiket termurah untuk satu pertandingan dengan harga 22 poundsterling. Nilai itu setara dengan Rp 429 ribu.

Chelsea menjadi klub penjual tiket dengan harga terendah yang paling mahal. Seorang pendukung The Blues harus merogoh kocek sebesar 52 poundsterling atau setara Rp 1 juta untuk menyaksikan laga Chelsea melawan tim-tim yang punya nama besar atau papan atas klasemen. Padahal, Chelsea sedang tak tampil optimal di Liga Inggris.

Sementara untuk tiket teratas satu pertandingan paling mahal, Arsenal menempati puncak peringkat. Untuk menyaksikan laga besar Mesut Oezil cs., harus mengeluarkan uang sebesar 97 poundsterling atau setara Rp 1,8 juta.

Harga tiket dari Arsenal itu nyaris dua kali lipat harga tiket duo Manchester, United dan City, yang kompak membanderol tiket paling mahal mereka sebesar 58 poundsterling atau setara Rp 1,1 juta.

Beralih ke tiket musiman, Stoke City menjadi tim dengan harga tiket terendah paling murah. Mereka menjual tiket musiman itu seharga 294 poundsterling atau setara dengan Rp 5,7 juta.

Yang menarik adalah, The Citizens yang ada di posisi kedua tiket terendah yang paling murah. City melego tiket itu senilai 299 poundsterling atau setara Rp 5,8 juta. Harga yang dipatok City ini bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan tiket tim promosi Watford, yang melepas tiket musiman terendah di harga 385 poundsterling atau setara Rp 7,5 juta.

Baca Juga:  Komunitas Fortuner Dari 5 Daerah Indonesia Kunjungi Rumah Resident Pangkalpinang

Arsenal kembali menjadi tim dengan harga tiket paling mahal untuk harga terendah tiket musiman. Seorang pendukung Arsenal harus mengalokasikan 1.014 poundsterling atau setara Rp 19,8 juta.

Untuk harga tiket tertinggi paling mahal dalam semusim, ‘Gudang Peluru’ kembali menjadi klub yang berada di posisi paling atas. Harga tiketnya mencapai 2.013 poundsterling, atau sekitar Rp 39,3 juta.

Untuk kategori ini, empat posisi teratas ditempati oleh kuartet London. Tiga klub lainnya adalah Tottenham Hotspur (1.895 poundsterling atau setara Rp 37 juta), Chelsea (1.250 atau senilai Rp 24,4 juta), dan West Ham United (955 poundsterling atau senilai Rp 18,6 juta).

Sementara itu, The Red Devils dan City melengkapi harga teratas tiket musiman paling mahal. MU melego tiket senilai 950 poundsterling atau setara Rp 18 juta. City melegonya dengan banderol 900 poundsterling atau senilai Rp 17,5 juta.

Sebagai perbandingan untuk mengetahui mahalnya tiket di Liga Inggris, BBC melakukan perbandingan dengan beberapa klub di liga-liga Eropa.

Harga tiket Bayern Munich untuk satu pertandingan seharga 12,19 poundsterling atau setara Rp 238 ribu. Sementara itu, Borussia Dortmund melego tiketnya dengan harga 11,94 poundsterling atau setara Rp 233 ribu.

Dengan harga seperti itu, untuk menonton pertandingan termurah Watford di Liga Inggris bisa untuk menyaksikan tiga laga Die Roten dan juga Die Borussen.

Sementara untuk tiket tahunan, Bayern memberi banderol dengan harga 104,4 poundsterling atau senilai Rp 2 Juta. Sementara komparasi lain dengan La Liga, Barcelona menjual tiket musimannya yang paling rendah dengan banderol 73,88 poundsterling atau setara Rp 1,4 juta.

KOMENTAR