Panen Raya, Gubernur Dengar Keluhan Rakyat

Panen Raya, Gubernur Dengar Keluhan Rakyat

482
BAGIKAN :
Gubernur Babel, Rustam Effendi Saat Temu Lapangan Usai Panen Raya (foto: Ucup/Humas)

KORANKITE.COM, PANGKALPINANG – Setelah melakukan panen raya, Kamis (07/04/2016) pagi di Dusun Air Gede, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi menghadiri acara temu lapangan dan temu wicara dengan petani. Dua kegiatan ini memang dimanfaatkan Rustam untuk mengetahui, keluhan para petani.

Diketahui, sebelum sambutan Gubernur didampingi seorang petani mencoba kendaraan motor untuk panen, momen tadilah yang membuka panen raya secara resmi. Menurut Kepala Humas dan Protokol Pemprov Babel, Muhammad Ali, Gubernur sangat senang berkendaraan motor panen didampingi rakyatnya langsung. “Kata staf Humas dan Protokol yang dekat dengan Gubernur saat membuka panen raya, Gubernur senang dan menjadi pengalaman pribadi beliau,” katanya.

Masih menurut Ali, Gubernur juga menyampaikan dengan adanya motor untuk panen padi tadi akan menambah produktifitas dan produksi gabah kering. Makanya selain mendapat keluhan dan masukan, Gubernur pun meresmikan gudang padi milik masyarakat tadi. “Bahwa dengan adanya acara panen raya ini adalah salah satu misi Pemprov mewujudkan ketahanan pangan daerah dalan mendukung kedaulatan pangan nasional,” ungkap Gubernur dalam sambutan.

Baca Juga:  Cabe merah naik 2.500, Bawang Merah, Putih Stabil

Dia pun membuka data ketahanan pangan tahun 2015, karena dirasa perlu untuk diketahui masyarakat. Karena, 47,2 % dari total jumlah penduduk Babel masih memerlukan kosumsi pangannya diatas 90%. Angka kecukupan gizi atau masuk kategori tahan pangan sehingga masih ada 36,55 % penduduk masuk kategori rawan pangan dan 16,25 % penduduk masuk kategori sangat rawan pangan. “Karena itulah, selain melakukan upaya – upaya jangka pendek, ke depan kita selaku pemerintah akan mengatasinya secara bertahap melalu kebijakan dan strategi mengoptimalkan,” pinta Gubernur. (FRZ)

KOMENTAR