Parliamentary Treshold 4 Persen Hanya Berlaku di Pusat

Parliamentary Treshold 4 Persen Hanya Berlaku di Pusat

266
BAGIKAN :
Ketua KPUD Provinsi Babel, Davitri (ist.)

Korankite.com, Pangkalpinang – Dalam pasal 414 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, ditentukan bahwa ambang batas parlemen atau parliamentary threshold adalah 4 % dari total suara sah nasional. Artinya Parpol yang tidak memperoleh minimal 4% suara dalam Pemilu 2019 tidak berhak memiliki kursi di Parlemen,

“Pada pasal 414 ayat 2 mengatakan bahwa seluruh Partai politik diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota. Sehingga untuk ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 persen dari jumlah suara sah hanya berlaku untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),”. Ungkap Ketua KPUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Davitri, SE ketika dihubungi, Senin (23/07/2018)

Baca Juga:  Kementerian Kominfo: Indonesia Darurat Berita Hoax

Dalam Undang-Undang tersebut sudah sangat jelas kalau ambang batas 4 persen hanya berlaku untuk Pusat saja, tidak berlaku untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota. “pada pasal 414 ayat satu sudah sangat jelaskan terkait ambang batas hanya untuk DPR sedangkan di pasal duanya menjelaskan bahwa tidak berlaku untuk DPRD tingkat satu dan dua,” ungkap Davitri yang sudah dua priode di KPUD Babel. (red)

KOMENTAR