pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia bersih sampah 2020

pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia bersih sampah 2020

258
BAGIKAN :

” Mendaur ulang setiap sampah akan memberikan nilai ekonomis tinggi yang akan sangat membantu masyarakat “

Korankite.com, PangkalPinang – Sosialisasi yang dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bekerja sama dengan Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Bangka Belitung dari Partai Demokrat, Eko Wijaya berlangsung di Ballroom Novotel Bangka Belitung. Senin (21/11/2016 ).

Sosialisasi yang bertajuk Pengembangan Bank Sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia bersih sampah 2020 mendatangkan Pembicara dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekretaris Dirjen Pengolahan Sampah,Limbah dan B3 Ade Palguna dihadiri oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, KA Tajudin.

Ade Palguna yang mewakili Kementrian LHK Menekankan kepada peserta untuk melihat sampah dari sisi yang berbeda agar sampah yang didapat dari sampah rumah tangga dan sampah lainnya dapat dimanfaatkan menjadi hal – hal berguna dan mendapatkan nilai lebih dari sampah tersebut.

” Sampah yang kita temui sehari – hari sebenarnya dapat kita kelola dengan baik misalnya botol minuman atau wadah minuman gelas apabila telah kita cacah dengan mesin pencacah setiap kilonya akan mempunyai nilai jual yang ekonomis “, Ujar Ade Palguna

Lebih lanjut Ade Palguna menerangkan pentingnya Bank Sampah dimana masyarakat dapat menjual sampahnya setiap hari ke Bank Sampah dan dapat mengambil uangnya setiap bulannya sehingga dapat membantu ekonomi kekuarga.

Baca Juga:  126 Warga Lapor Rusak Dokumen Kependudukan

Anggota Komisi VII DPR RI, Eko Wijaya menerangkan kepada peserta sosialisasi untuk menerapkan 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle jadi setiap sampah yang ada dapat dipergunakan kembali untuk diproses menjadi hal – hal yang bermanfaat.

” mendaur ulang setiap sampah akan memberikan nilai ekonomis tinggi yang akan sangat membantu masyarakat “. Ujar Anggota DPR RI Partai Demokrat.

Peserta yang hadir mulai dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda mewakili kabupaten di Bangka Belitung. Dalam Sosialisasi tersebut Kementrian LHK memberikan bantuan Motor Sampah sebanyak 9 Unit kepada utusan Kabupaten diantaranya dari Kelurahan Semabung, Desa Air mesu, Kecamatan Lepar Pongok 2 Unit, Kecamatan Tempilang, Kecamatan Muntok , Kecamatan Pemali, dan Ponpes Pangkalpinang.

” Kami biasanya melihat sampah sebagai barang yang tidak bermanfaat tetapi dengan sosialisasi ini sepertinya barang bekas bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti “. Ujar Bahati dari Kecamatan Muntok, Kab. Bangka Barat.

” Mudah – mudahan Bank Sampah hadir sampai Ketingkat desa jadi kami masyarakat desa bisa juga mendapatkan manfaatnya “. Timpal Murni. (Sbw/Asw ).

KOMENTAR