Pergelaran Seni Lintas Budaya “Besanje” di Tutup

Pergelaran Seni Lintas Budaya “Besanje” di Tutup

446
BAGIKAN :

korankite.com,Muntok – Pagelaran Seni Lintas Budaya “Besanje” tahun 2017 resmi di tutup, Minggu (26/11/2017).
Pagelaran Seni yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mendapat antusiasme baik dari Pelaku seni lokal Bangka Belitung maupun dari Luar Bangka Belitung dan tentunya masyarakat sekitar.

Pagelaran seni yang diadakan pada tanggal 25-26 November 2017 ini berlangsung di Lokomobil sepanjang jalan Sudirman Muntok, Dibuka langsung oleh Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi.

Dalam sambutannya Yunan Helmi mengajak Generasi Muda untuk menjaga Budaya Lokal karena merupakan Identitas suatu daerah.
“Mari kita jaga dan Lestarikan Budaya Lokal Bangsa yang beraneka ragam”. ujar Yunan.

Pagelaran Seni Lintas Budaya “besanje” diramaikan oleh atraksi Barongsai sanggar Bun chiang Klenteng Kong Fuk Miau Muntok, kemudian Atraksi Kuda Lumping sanggar taruns budaya Kec. Parittiga, Paguyuban seni Turonggo Seto Ngabdi Budoyo Kec.Muntok, Atraksi Reog dari Sanggar Reog Mekar Budaya Pangkal Pinang.

Selain itu Pagelaran Seni Budaya “Besanje” tahun 2017 dimeriahkan oleh Sanggar Seni Astari dan Gong Production, Sanggar Cikar serta Sanggar Seni Ikatan Keluarga Minang dari Pangkal Pinang. Dari Sumatera Selatan mengirimkan utusan Sanggar seni Putri Sak Ayu dari Musi Banyu asin, Sanggar Seni Srijayanusa Dance School dari Palembang.

Baca Juga:  HUT BASEL Ke-15, Ribuan Masyarakat Ikuti Jalan Santai

Dari Bekasi mengirim utusan Sanggar Seni Kusuma. tidak ketinggalan tuan rumah memeriahkan acara dengan turut sertanya¬† Komite Musik dan Tari dari Dewan Kesenian Bangka Barat. Dalam Pagelaran Seni Lintas Budaya dan Etnis “Besanje” juga disediakan Permainan Tradisional khusus untuk masyarakat yang hadir, salah satunya Permainan Enggrang yang disediakan untuk anak dan dewasa.

Tiara, Warga kelurahan Sungai daeng mengaku senang dengan adanya hiburan seperti ini. awalnya ia kurang berminat terhadap Seni, tapi setelah hadir langsung menonton acara Pagelaran, Tiara pun jadi berminat.

“tadinya dalam pikiran Saya Pentas ini membosankan, tapi ternyata menyenangkan”. Ujarnya.

Pagelaran seni Lintas Budaya “Besanje” ditutup dengan persembahan Musik Etnic GSMS SMP NI Muntok.(SBH)

KOMENTAR