Rustam Effendi : Perda Harga Karet Kita Buat Agar Petani Sejahtera

Rustam Effendi : Perda Harga Karet Kita Buat Agar Petani Sejahtera

346
BAGIKAN :

Perda karetnya sudah kita buat untuk melindungi petani karet agar harga karet tetap stabil

Korankite.com, Petaling, Bangka – Harga karet yang terus anjlok menjadi keluhan masyarakat Petaling, Kabupaten Bangka. Hal itu disampaikan masyarakat saat berdialog dengan Calon Gubernur Bangka Belitung (Cagub Babel) nomor urut 2, Rustam Effendi.

Seperti yang utarakan Yani, dengan situasi harga karet yang hanya dihargai Rp2.500 hingga Rp5.000 tidak memberikan kesejahteraan bagi para petani karet. Apalagi harga sembako saat ini terus naik. 

“Kami ngaret jauh pak, ongkos kesana saja sudah berapa. Belum lagi harga sembako yang terus naik. Kasihan rakyat kecil pak, tolonglah kami dibantu,” ujar yani.

Menyikapi hal tersebut, Rustam mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menyusun Peraturan Daerah (Perda) penyangga karet untuk meningkatkan kesejahteraan petani karet. “Perda karetnya sudah kita buat untuk melindungi petani karet agar harga karet tetap stabil,” kata Rustam.

Baca Juga:  Peringati Sumpah Pemuda, Pemkot Canangkan Kota Tertib Berbahasa

Namun demikian, menurut Rustam, pihaknya perlu melakukan sosialisasi kepada petani karet terkait kualitas karet yang dihasilkan. Karena kualitas karet yang menjadi faktor penentu harga. 

“Kualitas karet yang dihasilkan selama ini tidak maksimal maka harga jadi jatuh. Sehingga perlu kita lakukan sosialisasi agar masyarakat tahu kualitas karet yang seperti apa bisa menghasilkan harga tinggi,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi asam semut kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan karet yang bagus. 

“Kita akan berikan subsidi asam semut kepada petani agar petani bisa hasilkan karet yang bagus,” tandasnya.(red)

KOMENTAR