Singo Edan Juara Piala Presiden 2017

Singo Edan Juara Piala Presiden 2017

373
BAGIKAN :

KORANKITE.COM, BOGOR — Tim Singo Edan (Arema FC) menjuarai Piala Presiden 2017, usai menang telak 5-1 atas tim Pesut Etam (Pusamania Borneo FC-PBFC).

Cristian Gonzales mencatat Hattrick dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong Bogor, Minggu (12/03/2017) malam.

Peluang emas pertama didapat PBFC saat pertandingan baru berjalan 4 menit, dua tembakan sekaligus diarahkan ke gawang Kurnia Meiga oleh Rifal Lastori dan Reinaldo, beruntung penyelamatan gemilang dilakukan Meiga.

Setengah jam pertandingan dimulai, terjadi kemelut di depan gawang PBFC, Vizcarra coba menyambar di kulit bundar, namun gagal. Beruntung bola malah mengarah ke kaki Hanif Sjahbandi yang tanpa pikir panjang langsung melakukan tembakan yang mengubah kedudukan. Arema unggul 1-0.

Skor tambahan justru diraih Arema Fc di menit 38, setelah back pass Michael Orah gagal dijangkau kiper PBFC Wawan Hendrawan, 2-0 untuk Arema.

Unggul angka tak membuat Arema menurunkan gaya gedor, lima menit kemudian tepatnya di menit ke 43, Cristian ‘el loco’ Gonzales berhasil merebut bola yang lepas dari penguasaan bek Dirikir Glay. Skor bertambah 3-0 sampai turun minum.

El Loco semakin beringas, buktinya dia mencetak gol kesepuluhnya di turnamen ini saat babak kedua berjalan 9 menit. Sebuah umpan terobosan dari Vizcarra ke kotak penalti PBFC, dengan sempurna dikonversi El Loco dengan sontekan kaki kidalnya.

Sialnya nasib PBFC makin terlihat di menit 60. Sebuah serangan yang diakhiri dengan sundulan dari Dirkir Glay, mengenai mistar gawang. Bola liar sempat direbound Wanggai, tapi berhasil diblok Meiga.

Gonzales benar-benar “kesurupan”. Pemain berusia 41 tahun ini mencetak hattrick di menit 64. Sebuah skema operan pendek nan cepat di kotak penalti PBFC, membuat El Loco dengan mantap menyerangkan bola. 5-0 untuk Arema FC.

Menit 69, PBFC mendapat hadiah ‘hiburan’, sebuah sundulan dari Firly menjebol gawang Kurnia Meiga. Skor 1-5 berakhir hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pelatih Arema FC, Aji Santoso memuji penampilan anak asuhnya di final Piala Presiden 2017.

“Alhamdulillah kami bisa menang. Ini pertandingan yang luar biasa. Saya meminta kepada pemain tidak hanya sekedar menang, tapi juga menghibur,” kata Aji saat konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga:  Gara-gara Internet Bunga Dicabuli Temannya

Sebelum melawan PBFC, tim berjuluk Singo Edan ini telah memantau strategi lawan-lawannya.

“Kami pelajari kelemahan dari PBFC. Melawan PBFC tidak bisa menggunakan umpan panjang, tapi trough pas. Gol kelima merupakan kombinasi terbaik,” tambah Aji.

Sementara, kekecewaan tampak sekali di wajah pelatih Pesut Etam, PBFC, Ricky Nelson yang mengatakan satu faktor yang menyebabkan kekalahan karena Yamashita Kunihiro cidera di menit 25 dan terpaksa digantikan Firly Apriansyah.

“Untuk grogi di final saya rasa tidak ya. Memang pemain kaget ketika Yamashita mengalami cedera otot tendon kanan. Yamashita adalah pemain yang paling fit saat turnamen ini, bahkan saat latihan ia pemain yang paling serius,” kata Ricky Nelson saat konferensi pers usai pertandingan.

Meski kalah telak, Ricky Nelson juga tidak ingin begitu saja melupakan perjuangan pemainnya. Ricky Nelson menambahkan, pemainnya telah bekerja keras hingga mengalami babak final.

“Kami meminta maaf kepada pendukung PBFC. Apresiasi yang tinggi untuk pemain saya. Mereka bekerja keras. Arema menekan kami dengan luar biasa. Kami tidak bisa keluar dari tekanan. Cristian Gonzales merupakan pemain yang berbahaya. Gonzales memanfaatkan kesalahan Kami, dan ia kemudian mencetak tiga gol,” jelas Ricky Nelson.

Sebagai runner up, PBFC pun berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp2 miliar. Sementara sang Juara, Arema FC membawa pulang trofi dan uang tunai Rp3 miliar.

Susunan Pemain:
Pusamania Borneo: Wawan Hendrawan; Diego Michiels, Dirkir Glay, Michael Orah (Fandi Ahmad 56’), Terens Puhiri (Abdul Aziz 62’), Yamashita Kunihiro (Firly Apriansyah 26’); Asri Akbar, Patrich Wanggai, Wahyudi Setiawan; Reinaldo Elias, Rifal Lastori (Zulvin Zamrun 56’)

Arema FC: Kurnia Meiga; Arthur Rocha, Bagas Adi Nugroho (Junda Irawan 88’), Hanif Sjahbandi (Dendi Santoso 46’), Johan Farizi; Adam Alis (Hendro Siswanto 88’), Esteban Vizcarra, Nasir (Ferry Saragih (46’), Syaiful Indra (Beny Wahyudi 62’); Cristian Gonzales, Fellipe dos Santos (Dedik Setiawan 62’)

(vv/mg86)

KOMENTAR