SMKN 2 Pangkalpinang Banjir Peminat

SMKN 2 Pangkalpinang Banjir Peminat

694
BAGIKAN :
Walikota meninjau seleksi penerimaan siswa baru di SMK 2 Pangkalpinang. (foto:aditia pratama/kite)

Sempat nanya-nanya, banyak yang dari luar Pangkalpinang, karena SMK ini bagus, ini semoga jadi motivasi.


KORANKITE.COM, PANGKALPINANG —
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Pangkalpinang memang merupakan salah satu sekolah yang menjadi incaran siswa-siswa yang ingin melanjutkan sekolahnya kejenjang berikutnya. Tidak tanggung-tanggung pendaftar yang mengikuti test guna mendapatkan kursi disekolah tersebut mencapai 895 siswa.

“Saya bangga dan bersyukur dengan STM (SMKN 2-Red), banyak anak-anak yang berlomba-lomba masuk kesini,” ungka Walikota Pangkalpinang ketika meninjau proses penerimaan siswa-siswi baru di SMKN2 Pangkalpinang, Kamis (13/04/2016).

Wawan sapaan akrab Irwansyah mengatakan kursi yang disediakan untuk siswa-siswi hanya berjumlah 576 kursi, tetapi pendaftarnya sebanyak 895 orang dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sempat nanya-nanya, banyak yang dari luar Pangkalpinang, karena SMK ini bagus, ini semoga jadi motivasi, agar lebih baik lagi dan bisa berkompetensi di nasional,” sebut Wawan.

Ketika disinggung terkait materi-materi yang akan di test, dirinya mengungkapkan sama seperti tahun sebelumnya.

“Dari yang disampaikan Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan sejak 2009 sama tesnya yakni test fisik, IT, fisikologi dan lain-lainnya,” katanya.

Selain itu Wawanpun mengungkapkan rencana pemerintah untuk mengalihkan tanggungjawab pengelolaan SMK ke tingkat Provinsi, dirinya mengatakan pihaknya selalu siap demi meningkatkan pendidikan.

“Walaupun memang rencana ini masih di permasalahkan pada prinsipnya Kami siap, mau diambil provinsi atau kota, intinya kami siap,” tegas Wawan.

Baca Juga:  Indikasi Vonis Ringan, Tiga Hakim PN Pangkalpinang Dimutasi.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 2 Yulizarman, menambahkan terkait test yang dilakukan memang tidak sama seperti yang dilakukan di sekolah-sekolah lainnya.

“Pelayanan terus kita tingkatkan, mulai 2009 sampai sekarang, kita melakukan sepeti ini agar anak yang diterima benar-benar berkualitas,” ungkapnya.

Disinggung terkait test fisik, menurutnya sangat penting dalam menentukan jurusan, pasalnya bila siswa bermasalah dengan fisiknya tetapi memiliki kemampuan, maka jurusan yang diambil tidak boleh yang banyak berkaitan dengan fisik.

“Tes Fisik misalnya siswi tersebut lamah dikaki, itu akan menentukan jurusan, maka akan kita arahkan ke jurusan lain,” jelasnya.

Dirinyapun mengungkapkan terimakasih kepada Walikota Pangkalpinang yang sudah menyempatkan diri untuk meninjau test penerimaan siswa-siswi baru.

“Kami juga berterimakasih kepada Pemkot khususnya Walikota yang telah membantu fasilitas-fasilitas, dan berkenan meninjau,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher mengungkapkan bahwa SMKN 2 sudah menggunakan sistem online dalam melakukan berbagai macam hal.

“SMK dua ini sudah menggunakan sidik jari, dan akan terhubung ke orang tuanya, dan ini merupakn keunggulan dari SMKN 2,” ungkap Edison.

Selain itu kata Edison mengatakan bahwa SMKN 2 ini merupakan sekolah yang cukup baik di level nasional, semua kegiatannya sudah dilakukan secara online, “Kementerianpun sudah mengakui SMKN 2 ini, tapi kami tidak berbangga, tetap kami akan melakukan yang terbaik lagi,” sebut mantan kepala Bapeda tersebut. (PRJ)

KOMENTAR