Syarat SMSI Jadi Konstituen Dewan Pers Sudah Terpenuhi

Syarat SMSI Jadi Konstituen Dewan Pers Sudah Terpenuhi

336
BAGIKAN :

Korankite.com, Pangkalpinang – Perjuangan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk menjadi konstituen Dewan Pers, diharapkan segera terwujud. Hal itu disampaikan Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa, sesaat sebelum penyerahan berkas SMSI kepada Dewan Pers, yang diterima oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Haris Jauhari di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (08/09/2017).

“SMSI sudah terbentuk 26 Provinsi, dan sudah 300-an perusahaan media siber yang mendaftar sebagai anggota. Dari jumlah itu kita seleksi lagi, tersisa 265 perusahaan media yang sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan, yang berasal dari 17 provinsi. Sementara persyaratan yang diminta oleh Dewan Pers, pengurus SMSI harus terbentuk minimal di 15 provinsi, dengan 200 perusahaan media yang memenuhi syarat sesuai aturan. Nah, alhamdulillah, kita sudah penuhi persyaratan itu,” papar Teguh Santosa.

Menanggapi informasi tersebut, Wakil Ketua Bidang Verifikasi Media Dewan Pers, Hendri C. Bangun mengapresiasi kerja keras pengurus SMSI di pusat maupun di daerah, yang bertekad untuk menjadi konstituen Dewan Pers.

“Saya selaku Wakil Ketua Bidang Verifikasi Media, mengapresiasi kerja keras kawan-kawan pengurus SMSI, untuk bisa memenuhi persyaratan mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers. Namun untuk tahap akhir proses verifikasi perusahaan media, memang ada di Dewan Pers. Untuk itu, kami sangat berterimakasih dan sangat terbantu dengan adanya SMSI, yang dapat mempermudah proses verifikasi perusahaan media siber anggota dari SMSI,” ungkap Hendri C. Bangun, yang juga menjabat sebagai Sekjen PWI Pusat.

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-72, Mako Brimob Babel Gelar Kontes Ikan Hias

Ia menambahkan, setelah proses verifikasi perusahaan media siber selesai, Dewan Pers akan mengupdate data perusahaan pers yang sudah lulus verifikasi administrasi, maupun verifikasi faktual.

“Setelah semua data perusahaan media siber anggota SMSI kami verifikasi, kami akan segera mengupdate data di website resmi Dewan Pers. Kami akan umumkan perusahaan media yang sudah lulus verifikasi administrasi, maupun verifikasi faktual,” tutupnya.

Hadir pada kesempatan ini Haris Jauhari selaku Wakil Ketua Dewan Pers, Teguh Sentosa (Ketum SMSI), Firdaus (Sekjen) Rizal Ramli (Penasehat), Atal S. Depari (Penasehat) Hendri C. Bangun (Wakil Ketua Bidang Verifikasi Media dan Sekjen PWI Pusat).

Haris Jauhari, selaku Wakil Ketua Dewan Pers minta maaf kepada para hadirin, karena Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo berhalangan hadir pada acara tersebut.

Usai beramah-tamah, dilanjutkan dengan penyerahan berkas SMSI secara simbolis dari Teguh Santosa selaku Ketua Umum SMSI, kepada Haris Jauhari selaku Wakil Ketua Dewan Pers, didampingi Firdaus selaku Sekjen SMSI, Rizal Ramli dan Atal S. Depari selaku Penasehat SMSI Pusat, dan Hendri C. Bangun.

Berkas yang diserahkan itu terdiri dari dokumen pendirian dan susunan pengurus dan anggota SMSI, serta daftar nama dan data perusahaan media siber yang bergabung di SMSI di pusat maupun di daerah.

Selain pengurus SMSI Pusat, nampak puluhan pengurus SMSI dari sejumlah provinsi di Indonesia juga hadir pada moment bersejarah tersebut. (Ril)

KOMENTAR