Umbi-Umbian, Sumber Pangan Alternatif

Umbi-Umbian, Sumber Pangan Alternatif

158
BAGIKAN :
Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kota Pangkalpinang tahun 2016 di Pasir Padi, Kamis (6/10/2016). foto:firman

…tanpa ada Nasi tapi kita makan umbi-umbian itu, sudah kenyang kata Orang Bangka.

korankite.com, Pangkalpinang – Wakil Walikota Pangkalpinang, M. Sofian, membuka acara Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kota Pangkalpinang tahun 2016.

Acara yang diselenggarakan Kantor Ketahanan Pangan kota pangkalpinang ini, bekerjasama dengan Tim penggerak PKK kota Pangkalpinang, Kamis (6/10/2016) di Belitong Resort Pasir Padi, Pangkalpinang.

Sebanyak 14 peserta dari 14 Kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang, mengikuti lomba masak tersebut, yang terdiri dari ibu-ibu PKK yang ada di kota Pangkalpinang.

Wakil Walikota Pangkalpinang M. Sofian mengatakan, kegiantan ini adalah bentuk sosialisasi Pemerintah Kota Pangkalpinang, melalui kantor ketahanan pangan, dan pemerintah ingin mengajak masyarakat mengkomsumsi keanekaragaman sumber pangan yang ada.

“Dari apa yang kita lihat yang telah dikreasikan makanan Ibu-Ibu tadi, makanan lokal seperti Umbi-Umbian dan buah-buahan yang dikreasikan Ibu-Ibu PKK Pangkalpinang, seperti dari kualitasnya yang baik Gizi dan kandungannya sangat baik, baik secara penyajiannya yang diperlihatkan Ibu-Ibu tadi sangat kreatif sekali,” jelas Sofian.

Baca Juga:  Lintas Organisasi Babel Tolak Penambangan Bukit Kukus

Wakil Walikota berharap, kepada Ibu-Ibu yang mengikuti lomba ini, untuk menyampaikan kepada Ibu-Ibu lain yang ada di lingkungannya masing-masing, untuk lebih berkreasi, agar sumber pangan lebih menarik dan lebih enak untuk dicoba masyarakat luar.

Sementara itu, Istri Walikota Pangkalpinang, Nyonya Dessy Ayu Trisna, yang merupakan Tim Penggerak Ibu-Ibu PKK Pangkalpinang mengatakan, kegiatan ini sangat bagus sekali untuk Ibu-Ibu yang ada di Pangkalpinang dan seluruh Bangka Belitung.

“Untuk mensosialisasikan Umbi-Umbian sebagai makanan pokok sebagai pengganti Beras/Nasi, seperti yang kita lihat di acara ini, tanpa ada Nasi tapi kita makan umbi-umbian itu, sudah kenyang kata Orang Bangka,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengajak masyarakat Bangka Belitung, untuk mencoba makan umbi-umbian, yang dikreasikan, sebagai pengganti makanan pokok selain beras. (man)

KOMENTAR