Wagub Babel Ingatkan para Lansia untuk Tetap Berkarya

Wagub Babel Ingatkan para Lansia untuk Tetap Berkarya

3
BAGIKAN :
Kegiatan Kesehatan Lansia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Provinsi di Hotel Santika. (29/08/2019). (ist)

Korankite.com, Pangkalpinang — Para lansia harus dapat hidup dengan mandiri, sejahtera, dan bermartabat.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah saat membuka secara resmi Kegiatan Kesehatan Lansia Provinsi Kepulauan Babel, yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Provinsi di Hotel Santika, Kamis (29/08/2019).

Peserta kegiatan terdiri atas kelompok lansia terpilih kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Proses penuaan merupakan tahap yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, lansia harus dapat terus berkarya dan berbaur dengan kehidupan sosial di sekitarnya, baik dengan yang muda maupun tua. Jika tidak dapat bermanfaat untuk orang lain, kita harus dapat bermanfaat untuk diri sendiri,” papar Wagub.

Abdul Fatah menyinggung, pertambahan usia menyebabkan masalah kesehatan yang erat kaitannya dengan penyakit kronik degeneratif.

“Penyakit yang paling banyak dialami lansia, antara lain hipertensi, kekakuan sendi, stroke, diabetes melitus, kanker, batu ginjal, gagal jantung, dan gagal ginjal,” rinci Fatah.
Untuk hidup sehat saat lanjut usia, tambah Fatah, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. “Saat ini, posyandu dan posbindu lansia sudah banyak. Cukup datang dan periksakan kondisi kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Wooww..Mensos Langsung Antar Bantuan ke Pangkalpinang

“Jangan malas melakukan aktivitas fisik, minimal tiga kali seminggu. Nutrisi juga harus terpenuhi, tapi jangan juga berlebihan Kendalikan stresĀ  dan hindari pertengkaran. Kita harus tetap eksis dan tidak pernah merasa tua,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi KepulauanĀ  Bangka Belitung berupaya memberikan pelayanan kepada lansia.

“Berdasarkan data implementasi Rencana Aksi Nasional (RAN) kesehatan lansia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018, sudah terdapat sekitar 79,68 persen puskesmas yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang santun lansia,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, terdapat 652 posyandu dan posbindu lansia yang aktif dengan ratio jumlah posyandu dengan jumlah lansia tertinggi di Kabupaten Bangka sebesar 1:106. (*)

KOMENTAR