Walikota Apresiasi Inovasi Hendra Budidaya Jagung

Walikota Apresiasi Inovasi Hendra Budidaya Jagung

1007
BAGIKAN :
Walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah (baju safari) beserta rombongan saat meninjau kebun jagung (foto: MI)

KORANKITE. COM, PANGKALPINANG – Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah mengunjungi kebun jagung pakan ternak milik Hendra (37) warga Jalan Gandaria I di Kelurahan Air Kepala Tujuh Kecamatan Gerunggang, Senin (14/3) kemarin. Ia tertarik mengunjunginya lantaran budidaya jagung tersebut ditanam dipekarangan rumah.
Setelah melihat secara langsung budidaya jagung yang dikelola pedagang kelontong itu membuat orang nomor satu di Pangkalpinang ini memberikan apresiasinya. Menurutnya, apa yang dilakukan Hendra bisa menginspirasi bagi masyarakat Pangkalpinang.

“Ini salah satu langkah yang baik, apa yang dilakukan Pak Hendra adalah satu contoh warga yang aktif untuk untuk membantu petani budidaya jagung untuk pakan ternak,” ujar Irwansyah usai meninjau kebun milik Hendra

Selaku Walikota, diakui Irwansyah, dirinya akan selalu mendukung masyarakat yang memiliki terobosan baru dalam menciptakan peluang bisnis seperti halnya yang dilakukan Hendra.
“Bayangkan untuk lahan stau hektare, bila ditanam jagung ini, selama 100 hari bisa menghasilkan tujuh ton dengan keuntungan bersih Rp6 juta. Jadi ini peluang bisnis baru bagi masyarakat. Makanya saya berharap semoga apa yang dilakukan Pak Hendra ini bisa menginspirasi warga lainnya untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada dipekarangan rumahnya,” kata Wawan, demikian ia disapa.
Oleh karenanya, Politisi PDIP ini mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin bercocok tanam bisa menghubungi Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kota Pangkalpinang. Pihaknya, tuturnya, siap memberikan pendampingan dilapangan.
“Jadi silahkan hubungi dispernak. Karena Pak Hendra ini juga didampingi dari petugas dispernak kita yang selalu siap memberikan bantuan baik berupa masukan atau hal-hal lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sembari Ngopi di Warkop, Rustam Serap Aspirasi Masyarakat

Sementara, Hendra mengakui ide membuat kebun jagung dipekarangan rumahnya berawal dari kondisi para peternak di Pangkalpinang yang menjerit soal harga pakan ternah yang tinggi. Melihat kondisi ini ia pun langsung memikirkan untuk membantu para peternak untuk mendapatkan pakan ternak dengan harga yang lebih murah.

“Makanya saya pilih tanam jagung pakan ternak ini, karena saya pikir kebutuhan jagung tak pernah terpisahkan dari para ternak seperti ayam dan sapi. Apalagi tanpa jagung, petumbuhan ternak tidak dapat tumbuh secara optimal,” terang Hendra yang memulai usaha ini sejak pertengahan Desember 2015 lalu.

Diakui Hendra, bibit jagung hibrida didapatkannya dari Surabaya. Kini, hasil inovasinya tersebut pun bisa menghasilkan belasan ton jagung yang sudah siap panen.

“Untuk itu saya berharap inovasi ini bisa memberikan inpsirasi bagi warga, agar memanfaatkan lahan kosong untuk tanaman yang bermanfaat seperti jagung ini yang bisa merupakan salah satu mata pencaharian alternatif bagi masyarakay pascatimah ini,” tandasnya.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten II Pemkot Fitriansyah, Kepala Dispernak Kota Pangkalpinang Ema Bastuti, Kepala Badan Kesbangpolinmas Pangkalpinang Rasdian Setiady dan Kepala Disperindagkop dan UMKM Pangkalpinang Romli Zarkasih (PRJ)

KOMENTAR