Walikota Canangkan 10.000 Biopori Atasi Banjir

Walikota Canangkan 10.000 Biopori Atasi Banjir

1026
BAGIKAN :
Ilustrasi Biopori. (net)

..merupakan salah satu terobosan yang sangat efektif dalam menanggulangi banjir yang setiap saat bisa terjadi.

KORANKITE.COM, PANGKALPINANG — Walikota Pangkalpinang, M. Irwansyah mencanangkan 10.000 Biopori (lubang resapan) dan Sumur Resapan guna menanggulangi banjir yang terjadi di kota Pangkalpinang.

“Ada beberapa upaya yang akan kita lakukan untuk menanggulangi banjir yang melanda Pangkalpinang, yakni dengan membuat Biopori dan Sumur Resapan di setiap kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang,” Ungkap Irwansyah, Rabu (24/02/2016).

Pembuatan Biopori, menurut orang nomor satu di Pangkalpinang tersebut merupakan salah satu terobosan yang sangat efektif dalam menanggulangi banjir yang setiap saat bisa terjadi.

Baca Juga:  Kapolres Babar Bersama Ratusan Warga Gelar Sholat Ghaib Untuk Mantan Kapolri Awaloedin

“Dengan dibangunnya biopori, air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut,” jelas Irwansyah.

Biopori menurutnya dapat dibuat di halaman depan, halaman belakang atau taman dari rumah. Lubang biopori sendiri umumnya dibuat dengan lebar 10-30 cm, jarak antar lubang sekitar 50 cm-100 cm.

“Kita tidak akan sia-sia bila membuat biopori ini. Manfaat yang bisa didapat antara lain mencegah banjir, tempat pembuangan sampah organik, menyuburkan tanaman, meningkatkan kualitas air tanah,” pungkas Irwansyah yang akrap disapa Wawan. (PRJ)

KOMENTAR