Wartawan dan Advokad Bangka Barat Sepakat Bentuk Forum Wartawan dan Advokad Bersatu...

Wartawan dan Advokad Bangka Barat Sepakat Bentuk Forum Wartawan dan Advokad Bersatu (ForWAD)

7
BAGIKAN :

Korankite.com, Bangka Barat – Sejumlah Wartawan Senior serta Advokad di Bangka Barat akhirnya mendeklarasikan pendirian Forum Wartawan dan Advokad Bersatu Bangka Barat atau disingkat ForWAD Babar. Rapat dan deklarasi pembentukan, Jumat, (15/11/2019) mulai pukul 13.30 WIB di Cozee Cafe , Jalan Lorong Pasar Lama Muntok dan secara aklamasi menunjuk Rudy sebagai ketua didampingi sekretaris Muswandi.

Rapat pembentukan agenda tambahannya juga membahas visi-misi pembentukan ForWAD Babar. Rencananya usai pendeklarasian forum ini akan segera di akta notariskan sebagai dasar hukum keberadaan sebuah organisasi. Dari 15 media yang diundang kemarin beberapa perwakilan media yang hadir diantaranya; perwakilan media online WoW Babel, Forum Keadilan Babel (FKB), Garuda News, Target Buser, Limo News, Seputar Babel serta Koran Kite. Sisanya sejumlah perwakilan media yang berhalangan hadir seperti Antoni (Bangka Pos), Fani Syeh (Target Buser), Apriyanto (Garuda News) menyatakan mengikuti hasil keputusan rapat. Sementara dari kalangan Advokad yang hadir yakni Agus Purnomo SH, Gerry Detriyadi SH serta Eko Satriawan, SH. Bujang Musa SH, MH yang juga pembina dalam ForWAD Baba berhalangan hadir namun menyambut baik inisiasi pembentukan forum ini.

Ketua ForWAD Babar terpilih Rudy yang juga pemimpin rapat, dalam sambutannya mengatakan, rapat pembentukan ForWAD Babar diinisiasi selain dirinya juga dari kalangan teman-teman. Diantaranya dari Agus Purnomo (Advokad), Gerry Detriyadi (Advokad), Hamdani (TVRI) serta Alif Firmansyah (Garuda News).
“Kita berpendapat perlu adanya wadah yang bisa mempersatukan antara wartawan dan advokad. Karena kedua profesi ini hampir memiliki kesamaan dalam tupoksinya. Jadi ForWAD Babar bukan organisasi profesi melainkan wadah silaturahmi yang mempersatukan kawan-kawan dari latar belakang organisasi profesi yang berbeda, ” ujar Rudy dalam pengantarnya. Karena itu Rudy berharap, keanggotaan forum ini nantinya solid, bisa memberikan karya, menjalin kerjasama sesama anggota dalam rangka berkontribusi membangun Bangka Barat serta yang terpenting berdampak manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga:  Panglima Dewan Pemuda Babel Sebut DPRD Jangan Bikin Rusuh

Sementara itu Advokad Agus Purnomo, SH dalam arahannya berpendapat tugas wartawan dan advokad sebetulnya ada kemiripan.
“Kalau wartawan mencari berita kalau advokad mencari kasus,” ujar Agus.
Menurut Agus, Bangka Barat selama ini terkesan seperti katak dalam tempurung. Artinya banyak kasus namun masyarakat hanya bisa berteriak tapi tidak ada penyelesaian.
Karena itu kedepannya Agus berharap dengan terbentuknya forum ini kekompakan anggota agar selalu dijaga. “Forum ini harus kompak harus tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Gerry Detriyadi SH seraya berharap dari forum ini nanti setidaknya akan menjadi sumbangsih pemikiran yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara Choirul wartawan dari “Wow Babel” dalam masukannya berharap ForWAD Babar yang baru dibentuk memberikan kesempatan keanggotaan yang seluas-luasnya bagi rekan-rekan wartawan di Bangka Barat.
“Biar lebih demokratis undang seluruh kawan-kawan wartawan untuk bergabung termasuk yang tidak hadir pada rapat ini,” saran Choirul. (Asw)

KOMENTAR