Satker PKPAM Siapkan Rp5,66 M Untuk PDAM

Satker PKPAM Siapkan Rp5,66 M Untuk PDAM

733
BAGIKAN :
Kepala Satker PKPAM, Budiman (ist)

Hampir semua untuk peningkatan sistem yang sudah ada, karena pelayanan sebelumnya dinilai kurang untuk mendistribusi air minum.

KORANKITE.COM, PANGKALPINANG — Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) agar lebih optimal adalah upaya satuan kerja (Satker) Pengembangan SPAM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Tahun 2016 telah dilakukan proses tender kegiatan, dalam rangka peningkatan SPAM di pulau Bangka dan Belitung. Bahkan anggaran untuk penyehatan perusahaan daerah air minum (PDAM) Belitung dan PDAM Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat (Babar) juga dianggarkan.

Kepala satuan kerja (Satker) Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (PKPAM), direktorat jendral Cipta Karya, kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Budiman ST MM mengatakan hal ini kepada korankite.com. Menurutnya di pulau Belitung akan dilaksanakan 13 kegiatan dan di pulau Bangka ada 14 paket pekerjaan. Semua paket tadi dalam rangka meningkatkan pelayanan SPAM untuk masyarakat.

“Hampir semua untuk peningkatan sistem yang sudah ada, karena pelayanan sebelumnya dinilai kurang untuk mendistribusi air minum,” katanya.

Jumlah anggaran untuk penyehatan dua PDAM Rp 5,66 miliar terdiri dari Rp 1,25 miliar untuk PDAM Belitung dan PDAM Sejiran Setason Rp 2,69 miliar. Sedang pekerjaan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kecamatan Manggar dianggarkan pembangunan SPAM kawasan nelayan Kurnia dan pembangunan SPAM, Suka Damai masing-masing Rp 2 miliar. Kecamatan Gantung selain pemanfaatan idle capacity SPAM untuk ibu kota kecamatan (IKK) Rp 1,5 miliar juga dianggarkan untuk Desa Selingsing pemanfaatan idle capacity SPAM, Rp 1,25 miliar. Kecamatan Damar, pemanfaatan idle capacity SPAM untuk IKK Rp 2,5 miliar.

Baca Juga:  Ketua Fraksi Diminta Tegur Anggota Pansus

Untuk Kabupaten Belitung, pembangunan SPAM kawasan rawan air di Kecamatan Sijuk ditender dua paket. Rp 2,42 miliar dengan kapasitas 2,5 liter perdetik di Sungai Padang dan Rp 6,47 di Air Seruk kapasitas 10 liter perdetik. Kemudian, optimalisasi SPAM Kecamatan Badau Rp 3,18 miliar dan di Kecamatan Membalong dua pekerjaan optimalisasi SPAM Bantan Rp 1,71 miliar dan Simpang Rusa Rp 3,12 miliar.

Masih menurut Budiman, di pulau Bangka seluruh Kabupaten/Kota memang terdapat titik pekerjaan. Misalnya di Kabupaten Bangka Barat (Babar), dilakukan optimalisasi SPAM Rp 1,65 miliar di Sinar Manik, Parit Tiga. Untuk Kabupaten Bangka, pekerjaan pemanfaatan idle capacity Kuto Panji, Belinyu Rp 2,1 miliar. Sedang di Sungailiat ada tiga kawasan yakni Rp 1,1 miliar di Kudai, Rp 1,12 di Sri Menanti dan Rp 1,58 di Parit Padang.

Di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), pembangunan SPAM kawasan Nelayan Teladan, Rp 1,73 miliar dan pembangunan SPAM rawan air Gadung Rp 1,93 miliar keduanya di Kecamatan Toboali. Pemanfaatan idle capacity Semabung Rp 2,51 miliar dan Girimaya Rp 2,67 miliar di Kota Pangkalpinang. Sementara di Kabupaten Bangka Tengah terpusat di Kecamatan Koba, yakni optimalisasi SPAM Padang Mulya Rp 5,16 miliar. (FRZ)

KOMENTAR